Seleksi Calon Taruna Akademi Militer SMA Unggulan TA 2016

7/06/2016


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini, Diko akan sedikit bercerita (semoga masih inget)  mengenai seleksi calon taruna akademi militer jalur SMA Unggulan yg dilaksanakan pada pertengahan Februari 2016. Oh iya, SMA Unggulan itu terdiri dari SMAN 1 Yogyakarta, SMAN 3 Semarang, dan SMA Taruna Nusantara.
Ceritanya berawal dari kedatangan beberapa orang dari pihak TNI AD ke Teladan untuk melakukan sosialisasi mengenai Akademi Militer. Sosialisasinya diadakan di ruang multimedia, dihadiri beberapa siswa dari kelas 10, 11, dan 12, termasuk salah satunya Diko. Iseng aja sih waktu itu, sekalian nyekip pelajaran xD. 

Skip skip... La la la ye ye ye sosialisasi...

Di akhir sosialisasi, dari pihak TNI AD melakukan pendataan buat siswa yang mau ikut selesai calon taruna SMA Unggulan. Diko iseng aja ikut daftar.. Dari Teladan, yang daftar ada 5 orang gitu.. Diko, Aldi, Azhar, Ikhsan Nahromi, dan Kenjee

Beberapa hari kemudian, dari pihak TNI AD balik ke sekolah, untuk keperluan pengukuran berat badan dan tinggi badan. Ternyata Kenjee gak dapet izin orangtua, tinggallah berempat.

Beberapa hari kemudian (lagi), siswa yg akan ikut seleksi diminta datang ke (lupa namanya-_-") di daerah A.M. Sangaji, di sana ternyata cuma ikut sosialisasi lagi-__- tapi untuk siswa berprestasi misal juara OSN dsb. Diko termasuk berprestasi lho, karena bisa jadi siswa Teladan xD.
 

Setelah sosialisasi selesai, kami dikasih tahu apa saja yg harus dibawa dan disiapkan sebelum berangkat ke Magelang untuk seleksi.

Berkas-berkas yang harus disiapkan lumayan banyak dan mengharuskan bolak-balik tempat fotokopian-TU-___-

Hari-H keberangkatan, kita kumpul di Teladan, terus dijemput, diantar ke Demak Ijo, di sana kita nungguin lumayan gak jelas -___- Akhirnya setelah nungguin gak jelas, kita berangkat ke Magelang..


Skip perjalanan... Sore hari...

Sampailah di Rindam IV, Diko kira, seleksinya di Akmilnya, ternyata di Rindam xD. Kami dari SMAN 1 Yogyakarta datang pertama kali, terus digiring ke aula. (A)Gak lama kemudian, datang 7/8 orang dari SMAN 3 Semarang, kenalan bentar. Terus ada rombongan bus (jumlahnya lupa), ternyata di dalemnya adalah siswa SMATN. Jumlahnya banyak banget sekitar 60an orang *lupa-___-

Udah kumpul semua, kami semua diberi pengarahan dari pihak Rindam. Alat elektronik dan obat-obatan dikumpulkan semua.

Setelah acara di aula selesai, kita diarahkan ke barak-barak untuk istirahat. Kebetulan dapet barengan anak SMATN 2 orang. Jadi satu barak itu ada 2 kamar, terdiri dari 4 tempat tidur, antarkamar terhubung xD.

Duduk duduk aja di kamar.. Ada yang ngobrol sama anak SMATN dan SMAN 3 Semarang, ada yang cuma tiduran, dan ada yang mandi.
 
Diko dan Ikhsan Nahromi laper banget, tapi belum waktunya makan malam, akhirnya kita ke pos penjagaan, minta izin beli makan di luar kompleks Rindam. Awalnya gak dibolehin, tapi setelah negosiasi yang alot dengan penjaga pos, akhirnya dibolehin dengan syarat makan di dalem kompleks xD Untung ada penjual kupat tahu di depan gerbang kompleks. Alhamdulillah porsinya banyak dengan harga yang murah xD Kenyang deh...

Skip...

Setelah semua peserta seleksi bersih-bersih, kita keluar barak untuk menunaikan sholat di masjid. SMATN jalannya teratur, mirip baris gitu xD terpesona...

Setelah sholat, kami semua menuju ruang makan, makan malam dimulai. Menu makanannya sangat 4 sehat, tapi kurang 5 sempurna. Alhamdulillah, karena ini semua gratis tis selama seleksi.. Prosesi makan malamnya dibuat mirip dengan makan malam ala Akmil, keren pokoknya, teratur..

Setelah makan malam, kami diberi beberapa pengarahan mengenai seleksi hari pertama. Lalu kami kembali ke barak masing-masing.

Ada yang mencoba tidur, tapi ada juga yang ngantri di koperasi buat beli camilan.

SELEKSI HARI PERTAMA

Kami semua bangun sekitar pukul 4.00-4.30 pagi, terus keluar barak untuk menuju masjid. Setelah sholat Subuh, kita balik ke barak, terus lanjut acara mandi. Kira-kira jam 7, kami diminta kumpul di aula untuk seleksi postur tubuh. Sebagian besar anak SMATN, postur tubuhnya ideal banget xD untuk Diko masih normal menuju kurus, kayaknya udah termasuk kurus deh -.-" 

Skip skip aja yaa, setelah seleksi ya kehidupan kembali ke barak. Sholat Maghrib, makan malam, mandi, sholat isya', tidur. 

SELEKSI HARI KEDUA

Rutinitasnya seperti biasa... tapi gak boleh makan, karena nanti akan diambil darahnya.
Di hari kedua ini, kami semua melaksanakan tes kesehatan yang dilaksanakan di RS TNI, prosesnya banyak banget dan lamaaaaaa, karena harus dicek 1 per 1. Dari pagi full sampe sore. Apa aja yang dicek??? Darah, mata, organ dalam, kulit, dll.

SELEKSI HARI KETIGA

Hari terakhir seleksi, kami harus ikut tes psikotes. Materi psikotesnya gimana? ya mirip psikotes biasanya... Diko akui kalo SMATN unggul banget, apalagi pas tes menjumlahkan angka, sampe ada yang tambah beberapa lembar :(

Setelah psikotes, otak rasanya lelah banget, 3 jam berturut-turut kalo gak salah...

Kami balik ke barak untuk beres-beres. Akhirnya.. 

Setelah sholat Ashar, sekitar jam 4, kita makan sore, ya makan sore, sebenarnya ngehabisin jatah makan malam yang udah terlanjur dianggarkan xD 

Selesai makan, kita kembali ke barak untuk ngambil barang bawaan, terus diminta ke aula untuk briefing akhir, penutupan, dan pengembalian alat eletronik dan obat-obatan.

Setelah selesai penutupan, kita menunggu jemputan. Gak lupa sebelum pulang, kami foto-foto dulu... 

Penghuni barak campuran xD

Seluruh peserta seleksi beserta pembimbing

Sekian cerita mengenai seleksi calon taruna akmil SMA unggulan, maaf kalo gak terlalu mendetail dan gak jelas, karena Diko sendiri udah agak lupa :'''

Hasil akhirnya emang Diko enggak lolos ke seleksi selanjutnya, namanya juga iseng ikut.. TAPI, dari seleksi ini bisa memberikan Diko beberapa pelajaran dan pengalaman yang berharga.

Makasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke blog ini. :)

You Might Also Like

0 Comment(s)